Sabtu, 21 September 2013

Lima Jenis Sayuran Yang Berbau Tajam


Lima Jenis Sayuran Yang Berbau Tajam

Lima jenis sayuran yang berbau tajam adalah :
1.     Bawang merah
2.     Bawang putih
3.     Bawang Bombay
4.     Daun bawang
5.     Allium (bawang putih kecil)  

Mengapa tidak boleh mengkonsumsi sayuran berbau tajam?

Mengapa kelima macam sayuran yang berbau tajam ini disebut makanan yang harus dihindari seorang vegetaris?

1.     Ditinjau dari ilmu kedokteran

Dari struktur kimia, 5 jenis sayuran ini menebarkan bau tajam dikarenakan mengandung zat disulfida dan minyak kuning yang berbau. Memiliki bau yang tajam dan menebarkan keluar bau pedas yang sangat bau. Diantaranya ada bawang merah, bawang putih dan daun bawang setara dengan 100 kotak tanaman yang disebut Allium, yakni propenil, yang digunakan sebagai perangsang, begitu tajam baunya, maka itu disebut perangsang.   
Seorang vegetaris karena tidak mengkonsumsi daging, maka lambungnya tidak begitu banyak menimbun lemak seperti pemakan daging. Jika seorang vegetaris mengkonsumsi lima sayur berbau tajam tersebut lambungnya akan mudah teriris dan terluka.

Menurut catatan Dharma : Seorang praktisi yang mengkonsumsi 5 sayuran berbau tajam maka akan merusak 5 organ tubuhnya yakni bawang merah merusak ginjal, bawang putih merusak pikiran, daun bawang merusak hati, bawang bombay merusak paru-paru, allium merusak limpa. Seorang praktisi selayaknya menghindari 5 sayuran tersebut.

2.     Ditinjau dari sutra

Buddha Sakyamuni di dalam sutra ada membabarkan agar para siswaNya menghindari mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih, Buddha melarangnya dengan alasan :

1. Bila dimakan mentah membangkitkan amarah, dimakan matang akan membangkitkan gairah dan khayalan.
2. Membantu menumbuhkan avijja, mengembangkan lobha, dosa, moha, dan kecurigaan, juga menebarkan bau. Konsentrasi jadi terganggu, hawa sesat datang mendekati, maka itu Tathagata berkata dengan mengkonsumsi makanan ini, samadhi benar sulit tercapai.