Rabu, 07 Agustus 2013

Tanya Jawab 07



Pertanyaan : 
Mohon wejangan guru, apakah praktisi Nian Fo tidak perlu lagi melakukan pelimpahan jasa?

Master Hui Jing menjawab : 
Melafal Amituofo adalah pelimpahan jasa, tidak perlu lagi melakukan pelimpahan jasa secara terpisah, kita melafal Amituofo dengan sendirinya telah melakukan pelimpahan jasa kepada leluhur. Jika yang meninggal tahun ini, kita juga melafal Amituofo dan melimpahkan jasa kepadanya, sampai pada bulan ketujuh, tidak membuat pelimpahan jasa secara khusus juga tidak masalah. Setiap tahun bulan ketujuh melakukan pelimpahan jasa, adalah kebiasaan sebagian orang, karena pada hari biasa mereka tidak belajar Dharma dan melafal Amituofo, maka menggunakan bulan ketujuh dalam setahun untuk menghadiri upacara pelimpahan jasa yang diadakan di vihara-vihara.

Kita adalah praktisi Nian Fo, setiap hari kita melafal Amituofo,  dapat dikatakan setiap saat melakukan pelimpahan jasa, bukan hanya bulan ketujuh dalam setahun baru melakukan pelimpahan jasa. Kita melafal Amituofo, kekuatan jasa kebajikan Buddha Amitabha, dengan sendirinya dapat menyelamatkan leluhur kita, melindungi anak cucu kita, meleraikan permusuhan masa lampau kita. Karena "musuh kerabat penagih hutang" kita yang senantiasa berada di sekitar kita, juga mendengar kita melafal Amituofo; ketika memuji kita melafal Amituofo, maka di hati mereka akan memancarkan Cahaya Buddha, dengan demikian mereka juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu praktisi Nian Fo tidak perlu khusus melakukan pelimpahan jasa.

Dikutip dari : “Bagaimana cara praktisi Nian Fo melakukan pelimpahan jasa kepada leluhurnya”
Oleh : Master Hui Jing



問:請師父指示,我們念佛,不用再為祖先超度嗎?


     慧淨法師:念佛即是超度祖先,不用特別超度,我們念佛自然就超度祖先。若是今年過世的,我們也還是念佛回向給他,到了七月,不特別超度也沒有關系。每年七月做超度,是一般人的做法,因為他們平常沒學佛沒念佛,所以就利用一年的七月,參加寺院的超度法會。

我們是念佛的人,每天都在念佛,等于說時時都在做超度,不一定在每年七月才做超度。我們念佛,阿彌陀佛的功德力量,自自然然就會超度我們的祖先,庇蔭我們 的子孫,化解我們生生世世的冤親債主。因為生生世世跟隨在我們身邊的冤親債主,也時時听到我們念佛;瞻仰我們念佛時,心中所顯現出來的佛光,他也會因此往 生极樂世界。所以,我們念佛人不用特別做超度。


念佛人如何超度祖先慧淨上人開示