Rabu, 07 Agustus 2013

Tanya Jawab 03



Pertanyaan : 
Berapa kali kita harus melakukan pelimpahan jasa? Bagaimana kita tahu ini efektif atau tidak?


Master Chin Kung menjawab : 
Tidak ada standar harus melakukan berapa kali. Sesungguhnya, leluhur yang telah meninggal terlahir di alam mana, kita juga tidak mengetahuinya. Jika dia terlahir kembali ke alam manusia, mungkin sekarang dia adalah anak kecil, atau anak muda. Jika dia terlahir ke surga, usia di alam dewa tersebut sangat panjang. Usia setan kelaparan juga sangat panjang, di dalam sutra dikatakan bahwa sehari di alam setan adalah satu bulan di alam manusia, usia  pendek adalah seribu tahun. Jika kita ingin membuat pelimpahan jasa, kita lakukan sepanjang hidup, di tempatnya hanya beberapa puluh hari. Maka itu jika ingin melimpahkan jasa kepada leluhur, jika dia ada di alam setan kelaparan, anak cucunya turun termurun harus melakukan pelimpahan jasa.

Mengenai efektif atau tidak, ini tergantung pada ketulusan anda, apakah ada melatih diri dengan kesungguhan hati atau tidak, jika ketrampilan melatih diri ditambah dengan ketulusan hati, maka hasil akan sangat jelas.





问:在佛门中超荐祖先,要做几次?如何才知道有没有效果?


  
    答:要做几次没准。实在讲,过世的祖先究竟到哪一道,我们不知道。如果他到人道来,他现在可能已经是小孩,或者已经是年轻人。如果到天道,天的寿命很长。饿鬼道的寿命也长,经上讲饿鬼道的一天是我们人间一个月,寿命短的是一千岁。如果我们要做超度,我们做一辈子,他那里才几十天而几。所以,想超度祖先,如果他在饿鬼道,子子孙孙都要接着做超度;在地狱道就没办法了。至于有没有效果?都在你自己有没有诚意,有没有真正修行,若你有修行功夫,加上诚意,效果就非常显著。


净空法师佛学问答——超度篇